Belajar Fotografi : Membuat Foto Sunset Lebih Kreatif

Sunset at Rocky Beach - Safruddin Alwi
Sunset sudah menjadi salah satu momen yang paling banyak diincar fotografer, ada sensasi yang menarik dari fenomena pergantian siang dan malam ini. Namun karena seringnya mungkin kita terkadang bosan alias mati gaya dalam membuat foto sunset. Bisa jadi karena keengganan untuk bereksperimen dan mencoba ide kreatif baru. Yang paling awal perlu dipahami adalah prinsip utama yang membedakan foto sunset (dan foto landscape pada umumnya), yaitu focal length. Lensa wide dengan focal length 16mm misalnya akan membentuk bulatan sunset tampak kecil dan kejauhan. Sebaliknya saat melakukan zoom ke focal length 100 atau 200mm bulatan sunset akan tampak semakin besar. Contoh foto "Sunset at rocky beach" saya menggunakan focal length 16mm.
Sunset Kota Semrawut - Safruddin Alwi -
Menggunakan focal length normal dengan rentang 35 s.d 50mm, atau biasa disebut focal length normal eye karena mirip dengan persepsi pandangan manusia normal. Rentang focal length ini minim distorsi dan umum dipakai untuk objek berbentuk garis-garis vertikal dan horisontal. Dalam foto sunset pun focal length ini akan menampakan bentuk matahari yang relatif sesuai dengan pandangan kita. Dengan memilih focal length semakin tele bulatan matahari akan semakin besar. Perlu diperhatikan bahwa saat obyek matahari dominan dalam frame foto, rentang exposure akan sangat tinggi sehingga obyek selain matahari akan membentuk siluet. Pembahasannya ada di sesi foto siluet INI ). Contoh foto Sunset kota semrawut menggunakan focal length 35mm dan foto"Nelayan" menggunakan focal length 100mm.
Nelayan - Safruddin Alwi -
Berikan Bentuk
Bentuk matahari yang bulat utuh seperti telur ceplok tidak selalu bisa didapatkan, bergantung pada kondisi cuaca. Adanya kabut atau awan di ujung horison akan sangat membant. Namun jika bentuk ini terasa terlalu lazim, berikan bentuk pada matahari tersebut. Lebih dikenal dengan istilah star effect, karena dengan cara ini sinar matahari akan membentuk sudut-sudut panjang. Tidak terlalu sulit set diafragma sekecil mungkin (f22) dan akan lebih dramatis jika posisinya ditempatkan di sisi suatu objek.
Diantara Karang - Safruddin Alwi -
Ghost and Flare
Bahkan masalah bisa dijadikan ornamen indah dalam sebuah foto. Ghost and flare sebenarnya muncul karena optik yang tidak sempurna sehingga muncul pantulan cahaya di permukaan lensa, sangat umum terjadi saat sumber cahaya yang kuat berasal dari depan lensa seperti pada saat memotret sunset. Dalam banyak kasus fotofgrafer harus meng-clone untuk menghilangkan ghost and flare tersebut jika mengganggu objek foto. Namun dengan menempatkannya pada posisi yang baik ghost and flare dapat menjadi ornamen menarik dalam foto sunset, seperti pada siluet tubuh di foto "Perjalanan Pulang".
Perjalanan Pulang - Safruddin Alwi -
Reflection
Cara paling umum mengambil foto sunset adalah dengan memotret straight langsung ke objek. Kita bisa memanfaatkan media yang dapat memantulkan refleksi sunset untuk membuatnya lebih menarik dan menjadi tidak biasa. Seperti menampilkan tipuan kecil yang dapat menarik perhatian. Media refleksi ini bisa apa saja sepanjang bisa memantulkan cahaya dan memberi refleksi yang utuh.
Bermain di Pantai - Safruddin Alwi -
Twin - Safruddin Alwi -
Make it Blur
Sunset selalu menghadirkan suasana yang kuat dan dramatis. Namun menghilangkannya serta membuatnya blur dengan miss focus justru bisa menguatkan suasana. Identitas sunsetnya tidak selalu hanya ada di bentuk mataharinya. Bias sinarnya dan kuatnya warna-warna warm yang dihadirkannya juga sangat menarik. Yang perlu diperhatikan, kita perlu diafragma besar untuk mem-blurkan matahari sehingga memungkinkan foto akan over exposure. Di foto "menjelajahi karang" berikut ini saya menggunakan f/4 dan akhirnya saya mencrop bagian langit yang terlalu terang, menyisakan bias matahari yang menjadi bokeh dan sangat menarik.
Menjelajahi Karang - Safruddin Alwi -
Interaksi
Saat menyaksikan sunset mungkin kita akan langsung mengambil gambar matahari tersebut begitu saja. Sayangnya terkadang hasilnya mengecewakan dan tidak menarik. Suasana sunset perlu diperkuat dengan memunculkan interaksi suasana sunset tersebut dengan lingkungan sekitarnya. Cara paling ampuh dengan menempatkan elemen foreground yang menarik dan menunjukkan identitas lingkungannya. Semisal foto berikut ini. Adanya perahu pada foreground dapat memberi identitas suasana dan lokasi tempat tersebut. Dan sebaliknya jika foto ini hanya ada matahari sunset dan pantai mungkin akan tampak membosankan.
Sunset di kampung nelayan - Safruddin Alwi -
Sekian share tentang foto sunset kali ini, semoga manfaat... SALAM.

Share this:

0 komentar