Tutorial Photoshop : Mengedit Warna dan Tone Sebuah Foto

Perahu Layar
Kembali ke laptop.. setelah tulisan-tulisan tentang belajar fotografi dan destinasi wisata, di tulisan kali ini saya ingin membagi yang ringan-ringan saja. Cukup dengan duduk manis depan laptop / PC, tanpa perlu capek2 nenteng kamera. Tantangan saat mengambil foto di luar ruangan kita banyak bergantung dengan kondisi cuaca. Cerahkah atau mendung. Cukup sering malah semua ide dan konsep yang ingin dieksekusi buyar dan gagal sama sekali karena hal satu ini. Sekalipun telah dikondisikan dengan membuat rencana yang matang dan waktu yang tepat. 
Mengedit Warna dengan PES
Contoh praktisnya saya gunakan foto yang saya potret di Tanjung Riau Batam saat event pesta anak pantai. Riset dan survei sederhana sudah saya lakukan untuk mencari ide foto-foto seperti apa yang akan dieksekusi. Di antaranya saya ingin memadukan warna-warni perahu layar yang semarak dengan biru- nya langit pagi dengan cahaya pagi yang hangat. Di luar dugaan kondisi cuaca mendung putih polos flat tanpa tekstur awan dan biru langit. Dan acara yang seharusnya mulai pagi harus kesiangan karena berbagai alasan. Alhasil saya hanya mendapatkan foto-foto yang dari segi warna dan pencahayaan sangat tidak layak seperti di atas ini.
"Ketidaklayakan" foto diatas akan saya coba perbaiki dengan memberi nuansa (tone) yang lain dan mengedit warna yang tampak datar supaya lebih outstanding. Ada cukup banyak pilihan aplikasi atau software yang dapat dipakai untuk mengedit warna dan tone sebuah foto. Saya hanya akan mempresentasikan beberapa yang biasa saya gunakan. Salah satu aplikasi yang sangat mudah digunakan adalah Photo Effect Studio Pro (PES). Ada 8 style dengan puluhan bentuk warna yang cukup lengkap (menu sebelah kiri). Juga tersedia menu editing mulai dari basic adjustment, tone, curve yang sangat fungsional. Kelebihan lainnya aplikasi ini terintegrasi dengan sosial media sehingga memudahkan untuk sharing ke sosial media. Aplikasi ini juga tersedia di smartphone berbasis iOS. Namun kita tidak dapat membuat layer dan masking di aplikasi PES ini
Mengedit Warna dan Tone dengan Viveza
Jika tidak cukup banyak yang harus dikoreksi saya banyak mengandalkan aplikasi PES. Namun di contoh foto perahu layar ini akhirnya saya lebih memilih menggunakan aplikasi buatan NIK Software, alasan utamanya aplikasi ini ter-integrasi dengan Photoshop sehingga bisa di aplikasikan pada layer tertentu dan di masking untuk bagian-bagian yang tidak ingin ditampilkan. Di contoh foto diatas saya melakukan basic adjustment (brightness-contrass-saturation-curve) dengan Viveza. menu control point-nya sangat memudahkan kita tinggal menempatkan titik-titik tertentu dan mengatur luas area yang diinginkan kemudian melakukan basic adjustment. Dalam contoh foto saya menempatkan beberapa titik di bagian kapal di depan untuk meningkatjan kontras agar foto lebih berdimensi. Di bagian highlight saya meningkatkan brightness dan meningkatkan saturasi untuk menguatkan warna-warna perahu layar. Saya juga menyesuaikan white balance menjadi lebih warm untuk diolah lebih lanjut lagi agar menampilkan tone yang kuat.
Mengedit Warna dan Tone dengan Color Efex
Untuk mengedit warna dan tone foto saya menggunakan color efex. Sengaja saya ingin menampilkan foto ini dengan suasana cahaya pagi yang hangat dan tambahan efek glow agar tampak berkabut. Menu-menu untuk pengaturan tersebut sangat mudah digunakan. Ada banyak pilihan tone sesuai mood yang ingin ditampilkan.
Before After mengedit warna dan tone
Kegagalan mendapatkan foto saat mengeksekusi dapat disiasati dengan olah digital seperti ini. Namun perlu diingat editing yang sampai merubah keaslian foto seperti ini dalam beberapa kondisi tidak dibenarkan. Untuk sekedar personal project dan latihan tidak ada salahnya. i think that's all semoga manfaat... SALAM.

Share this:

0 komentar