Tutorial Photoshop : Membuat Foto Montase (Montage)

Membuat lebih dramatis sebuah foto dengan menggabungkan beberapa foto dalam satu frame yaitu montase (montate). Terkadang sebagai suatu kesatuan foto yang kita buat kurang menarik namun ada bagian-bagian tertentu dari foto yang potensial untuk jadi sangat menarik. nah, dengan membuat montase kita bisa menggabungkan bagian-bagian tertentu dari sebuah foto ke dalam satu frame yang lebih menarik. sebagai contoh saya gunakan foto yang saya ambil di runway bandara hang nadim yang saya kasi judur "Big Four" seperti dibawah ini :


Judul : Big Four (before), photo take at runway Bandara Hang Nadim Batam
Dikarenakan cuaca yang agak berawan langit di foto ini jadi flat, padahal lokasi foto ini bukan sembarang orang yang bisa masuk. Saya akan menambahkan langit yang dramatis di foto ini. file foto langitnya saya crop dan clone dibeberapa bagian biar bersih dari foto saya yang lain dan menyesuaikan ukuran filenya sehingga tampak seperti foto dibawah ini :

Foto langit sunset
Proses membuat montase-nya seperti di bawah ini :

Making Montage
Step I : buat selection di bagian langit foto "big four". ada beberapa cara sebenarnya dan difoto ini saya menggandakan chanel blue dan sesuaikan curvenya untuk mendapatkan langit yang blank (putih polos). setelah itu pindah ke chanel RGB layer backgroud dan tekan delete. setelah itu copy layer background dan ubah blending modenya jadi softlight dan atur opacitynya. dengan layer ini daerah highlightnya akan terjaga dengan baik.

Step II : Copy dan paste file foto "langit" ke foto "big four" (akan ada layer baru yang isinya foto langit). buat selection dari chanel blue copy di step I buat feather 2 pixel dan masking. rapikan daerah perbatasan langit yang baru dengan brush tool sesuaikan opacitynya jangan menggunakan opacity yang terlalu hard.

Step III : buat layer baru tanpa background color. dengan tool path buat selection untuk mensingkronkan arah cahaya antara layer background dan layer langit. jangan melawan arah cahaya yang sudah ada tapi buatlah kesinambungan dari arah cahaya yang sudah ada. sebaiknya pilih file foto yang arah cahayanya tidak terlalu berbeda.

Step IV : final touch sesuaikan color balance di layer background copy dibuat agak warm dan sedikit orange agar dramatis dan kompak ama langitnya. untuk mempercantik buat frame putih dan tambahkan canvas hitam. complete !!

Big 4 in montage

Selamat mencoba, smoga bermanfaat.. SALAM.

Share this:

2 komentar

  1. gan, ane ijin nyimak yah! soale ane baru mw blajar fotografi!
    thx udah share ilmunya gan!

    BalasHapus