Tutorial Photoshop : False Color

How to make pic like this...


Let's talk about post processing.. diposting ini saya akan sharing tentang salah satu cara untuk memberikan sentuhan terhadap foto, bahasa kerennya false color. cara ini umum dipakai untuk memberikan nuansa  berbeda pada foto-foto prewedding, portrait, atau model. Menampilkan foto dengan spektrum warna yang berbeda dengan aslinya dan menonjolkan warna-warna tertentu yang bukan warna sebenarnya, kira-kira seperti itu penafsiran bebas saya, boleh setuju boleh tidak (yang tidak setuju jangan mampir di mari... :p ). 

Ada beberapa cara untuk membuat foto dengan false color, Salah satunya seperti berikut ini. Saya gunakan  foto istri saya tercinta sebagai sampel, foto ini saya ambil di magelang pertengahan tahun lalu dikampus kami. Saya gunakan aplikasi Adobe photoshop CS4, namun bisa juga dilakukan dengan photoshop dengan versi lain :
  1. Open file foto yang akan diolah (ctrl O)
  2. Duplicate layer background dan ubah blanding modenya menjadi "Softlight" atur opacity sesuai selera. langkah ini biasa saya buat untuk menjaga detail di highlight.
  3. Buat adjustment layer "solid color" pertama sesuai warna yang diinginkan. di foto ini saya pilih warna kuning keemasan "fdac63" karena saya ingin membuat foto ini lebih "warm" ubah blanding mode layer ini menjadi "soft light" dan atur opacitynya sesuai selera, difoto ini saya gunakan opacity "80%"
  4. Buat adjustment layer "levels" untuk mengangkat detail warna. saya biarkan opacitynya 100% difoto ini.
  5. Buat adjustment layer "solid color" kedua sesuai warna yang diinginkan. di foto ini saya pilih warna pink "fa85c4" supaya lebih girly ubah blanding mode layer ini menjadi "soft light" dan atur opacitynya sesuai selera, difoto ini saya gunakan opacity "75%"
  6. Buat adjustment layer "solid color" ketiga dengan warna gelap. di foto ini saya pilih warna biru gelap "090532" ini untuk memberikan tone di area shadow, ubah blanding mode layer ini menjadi "exclution" dan atur opacitynya sesuai selera, saya gunakan opacity "33%"
  7. Sekali lagi buat duplicate layer bakcground ganti blending modenya jadi "soft light" atur opacitynya jadi "65%". tempatkan layer ini di posisi paling atas susunan layer.
  8. The last thing is.. saya buat layer gradient white & transpararnce.. untuk mempertegas arah jatuhnya sinar matahari (kanan atas frame).
Jika tidak ingin efek false color tersebut mempengaruhi area tertentu dari foto, bisa ditambahkan masking pada layer tertentu. Saya biasanya memperteahankan skin tone di warna aslinya jadi saya memberikan masking di daerah wajah dan kulit lainnya dengan black brush di masking layer "50%".

Sekian dulu sharing tentang post processing sesi ini, nantikan sesi berikutnya.. Selamat melukis di atas kanvas foto.. 
- Salam SoulinArt -

Share this:

0 komentar