Hunting di Pulau Sembulang dan Coaching Travel Photography

Sedang Berlabuh
Nelayan mempersiapkan perahunya
"Work without plan is plan to FAIL"
Berawal dari woro-woro di komunitas bahwa akan ada workshop tentang travel and nature photography, saya sudah berniat untuk merapat. Yang menambah excited adalah instrukturnya sang legenda sejati Suhu Don Hasman dan Risman Marah. Hanya petualang keterlaluan yang tidak kenal dengan Don Hasman. (silakan googling nama beliau untuk cari tahu).
Namun cukup kecewa sebenarnya dikarenakan kegiatan hunting ini tidak direncanakan dengan baik. Sepele sekali sebenarnya yang membuat kegiatan ini menjadi tidak optimal. Workshop hari pertama acara molor satu setengah jam karena in focus yang tidak disiapkan lebih dahulu, akibatnya instruktur tidak dapat menyampaikan materi yang sudah sangat ditunggu-tunggu. Santiago De Compostela dari Don Hasman (silakan googling lagi jika belum tahu). Acara workshop berubah menjadi acara ngobrol-ngobrol saja dengan instruktur.
Di hari kedua tidak lebih baik, Seharusnya jam 06:30 kami sudah berangkat dan jam 6 sebagian kawan-kawan fotografer sudah siap. Namun karena transport yang tidak siap keberangkatan kami jadi molor hampir 2 jam. Sungguh sudah sangat kesiangan untuk merekam cahaya pagi yang hangat dan cerah. Cukup merusak mood untuk memotret sebenarnya. Berikut beberapa field reportnya:

Sesampainya di sembulang
Sesampainya di lokasi, sesaat sebelum menyeberang ke pulau-pulau hinterland Om Risman Marah langsung beraksi.

Selamat Datang di Sembulang
Masyarakat setempat cukup ramah, kami sempat berinteraksi dengan mereka di dermaga. Sebagian mereka tinggal di pulau-pulau hinterland di sekeliling Batam.
 
Di Pompong
Untuk menyeberang ke pulau-pulau hinterland tersebut kami gunakan pompong, perahu dengan mesin tempel yang biasa dipakai masyarakat untuk mancing dan menjala ikan.
 
Memotret Sembulang
Dari kejauhan kami langsung disambut pasir putih di sekeliling pulau, ini salah satu pulau yang tidak berpenghuni.. tertarik pengen beli ini pulau ?? :p

Foto Keluarga
 Sebelum jepret-jepret, foto keluarga dulu... :D

Menyeberang lautan
Sekalipun harus berbasah-basahan laut masih cukup tenang sewaktu tiba di pulau.

Jejak Langkah
Hunting foto landscape di sekitaran pulau

Bagi-bagi doorprize
 Ada acara bagi-bagi doorprize, sayangnya cuma dapat CD tutorial... :p


Hunting Model, talent : Natasha
Ada juga yang hunting model, tapi kali ini saya mengambil foto-foto landscape dan HI saja 


Perjalanan kembali
 Butuh perjuangan untuk kembali ke pompong karena air laut yang sudah mulai pasang dan cuaca akan segera hujan. karena cuaca tidak mendukung ini juga, kami hanya mengunjungi satu pulau saja.

Tolong menolong
Agak kesusahan juga sebagian kawan-kawan untuk naik ke pompong.. tapi overall hunting ini cukup menantang, next time semoga bisa lebih baik.

Di postingan ini cukup field reportnya aja dulu belum sempat post process-nya, dunia yang satu lagi sedang menyita waktu.

SALAM JEPRET

Share this:

2 komentar