Foto Terbaik dan Foto Juara Lomba Foto BPK 2011

Ikastara Photography Community (IPC) adalah salah satu komunitas yang saya ikuti,  komunitas ini  menggabungkan kami para pecinta fotografi yang juga tergabung dalam Ikatan Alumni SMU Taruna Nusantara (Ikastara). Boleh dibilang komunitas ini tempat yang cukup intens saya ikuti, sekalipun lebih banyak sebagai silent reader tapi komunitas ini benar-benar tempat yang sangat nyaman untuk berinteraksi dan berbagi. Alkisah salah seorang anggota IPC punya ide untuk mengajak seluruh member untuk berbagi dan mempublikasikan foto terbaiknya masing-masing "Best of 2011". Aturan mainnya cukup simple, masing-masing anggota memilih 3 foto terbaiknya dari seluruh foto hasil pemotretan  sepanjang 2011. Kriterianya foto terbaiknya bersifat personal, tidak harus soal teknis saja. Tujuannya untuk mengukur progres perfotografian masing-masing anggota maupun IPC itu sendiri. Nantinya seluruh foto terbaik 2011 tersebut akan digabungkan dalam satu album.
1. Mengukur Landasan 2. Mystic Island 3. Nyiur Melambai di Lagoi
Saya memilih 3 foto di atas ini untuk Best of 2011 IPC ini, foto pertama adalah foto yang sudah cukup lama Maret 2011 di Hang Nadim Airport Batam saya beri judul "Mengukur Landasan" foto ini waktu saya dan tim melakukan audit atas renovasi bandara Hang Nadim, sambil menyelam minum air momen menarik ini terekam dalam foto ini saat kami melakukan pengukuran atas runway bandara di penghujung senja. Foto kedua berjudul "Mystic Island" saya memotret pulau kosong saat berada di Bintan November sampai dengan Desember 2011. Kenapa saya memilih foto ini, karena sangat melelahkan dan salah satu spot yang paling sulit yang pernah saya capai. Di tengah keterbatasan waktu karena menjelang malam dan saya hanya sempat membuat 3 shot, thanks God saya puas dengan hasilnya. Foto Ketiga adalah foto yang pernah saya publish ditulisan tentang pesona kawasan wisata pantai Lagoi. Singkat cerita saya sedang berbulan madu (untuk kesekian kalinya) dengan istri saya tercinta di Lagoi. Momen ini saat sunrise di pagi hari, kami keluar ke pantai sehabis subuh menikmati saat-saat matahari terbit dari balik ujung teluk dan semburat sinar matahari pagi di sela-sela awan yang membuat pasir putih dan sisa embun di dedauan tampak berkilau. Saya sangat senang bisa merekam momen ini dan menjadikannya oleh-oleh yang bisa selalu dikenang.
Lain cerita foto terbaik dengan foto pemenang, namun di satu foto yang sama. Tahun ini kembali BPK RI menyelenggarakan lomba fotografi 2011 yang mengangkat tema "BPK RI dalam lensa" yaitu potret semua kegiatan BPK RI baik kegiatan audit maupun penunjang. Foto yang sama dengan yang saya ikutkan di kegiatan komunitas IPC berjudul "mengukur landasan" saya ikutkan juga di lomba foto ini, dan alhamdulillah untuk kedua kali berturut-turut saya berhasil meraih juara pertama (sebelumnya di tahun 2010, Numero Uno Lomba Foto BPK). Di acara pemberian hadiah saya sempat bertemu dengan salah satu Juri lomba foto, M. Yuniadhi Agung yang merupakan fotografer jurnalistik dari harian Kompas. Beliau banyak melakukan pemotretan even olahraga, salah satunya even akbar Sea Games 2011 yang lalu. Berikut komentar atas foto saya dari hasil penjurian yang dipublikasikan "Dari segi teknik layak mendapat penilaian tinggi, pencahayaan dan komposisi serta angle pengambilan baik dan kuat dalam penyampaian pesan, Secara fotografi sangat kuat, komposisi, pencahayaan, dan momen tertangkap jelas. Pesan yang disampaikan sangat kuat, yaitu bekerja hingga waktu senja dan dalam kondisi cuaca apapun. Pengambilan gambar dan idenya sangat kuat. Menggambarkan suasana cek fisik hingga senja. Kinerja saat di lapangan bisa disaksikan di foto ini." Berikut suasana pameran foto hasil karya para pemenang.
Pameran Hasil Lomba Foto BPK RI
Acara Peringatan Hari Ulang Tahun BPK RI ke-65
Bagaimana dengan lomba foto tahun depan....?? hahahaha.. kalau diadakan lagi saya belum memastikan akan ikut,  saya berpikir untuk mencari tantangan baru.. yang lebih menantang mungkin. Yang pasti shutter must be realease, potret memotret jalan terus.. :D

Share this:

2 komentar