Soldier in Action

Menembus Awan by Safruddin Alwi

Jika ada satu obsesi saya yang tidak kesampaian, mungkin salah satunya obsesi menjadi tentara. Bisa jadi akibat brainstorm film-film heroik jaman kemerdekaan yang sering tayang di TVRI semasa kecil dulu. Anak indonesia yang tumbuh di era presiden "piye le phenak jaman ku tho" pasti akrab dengan film-film nasionalis serupa. Genre film yang sudah lama ditinggalkan sineas Indonesia. Di memori saya pejuang yang mengangkat senjata tampak keren sekali. Tetapi mungkin apa yang keren bagi sebagian anak muda saat ini sudah jauh berbeda. 
Pasukan Senam Balok
Beberapa kali even yang memamerkan kehebatan aksi tentara nasional indonesia (TNI) menarik minat saya untuk ikut memotretnya. Sekedar pelampiasan obsesi masa kecil. Sewaktu even lomba maritim 2010 di Kepulauan Riau, salah satu aksi yang ditampilkan sewaktu pembukaan adalah Skydiver dari Kopaskhas TNI AU yang melakukan terjun payung dan smoke attraction diudara. Puluhan Skydiver "ditelurkan" dari perut pesawat dan berhasil memukau pengunjung dengan formasi-formasi yang atraktif sekali.
Mendarat by Safruddin Alwi

Lokasi : Lapangan Kompleks Lantamal AL Tanjung Uban, Bintan dan Batam
Bidik !! by Safruddin Alwi
Di kesempatan lain, bersama teman-teman hobbist photographer dari Keprifoto.com mengabadikan kegiatan latihan pasukan Batalion infanteri (Yonif) 134 Tuah Sakti. Mereka melakukan demo dan latihan dan kami diberi akses untuk mengambil gambar.  Sebelumnya Komandan Batalion memberi penjelasan singkat tentang satuan-satuan yang ada dalam komandonya. Kelompok pasukan yang ada di Yonif 134 mulai mendemontrasikan keahlian mereka dalam pertempuran jarak dekat ala game counter strike. 
Pasukan Pertempuran Jarak Dekat by Safruddin Alwi
Pengintai dan penembak jarak jauh pun diperagakan oleh unit pasukan khusus di batalyon ini. Senjata sniper kaliber besar yang digunakan adalah senapan asli. Killing mechine ini lebih besar dan kokoh dari yang saya bayangkan. Dan unit ini ternyata tidak berperang sendiri. Pakem dunia militer "kalau mau selamat selamatkan orang disampingmu" diterapkan di sini. Disamping seorang sniper ada partner yang bertugas sebagai pemantau dan mengantisipasi penyergapan. Pasukan sniper maupun pengintai selalu lengkap dengan penyamarannya. Karena spesialisasi mereka memang untuk penyerangan dalam senyap.
Sniper by Safruddin Alwi

Pasukan Pengintai by Safruddin Alwi
  SALAM.

Share this:

0 komentar