Wisata Natuna : Pantai Cemaga

Pulau Karang Pantai Cemaga Natuna

Mari menjelajahi sisi selatan pulau bunguran. Sebagian besar pantai di Natuna adalah pantai timur yang sangat indah saat sunrise. Namun pantai-pantai ini memiliki arus laut yg cukup kuat terutama di musim utara periode November s.d februari. Tidak direkomendasikan untuk snorkling dan diving. Namun tempat-tempat ini, dari pantai tanjung sampai pantai pulau kambing selalu indah untuk diabadikan.
Pantai Cemaga di Selatan Natuna

Lain cerita dengan pantai cemaga yg secara geografis berada disisi selatan pulau bunguran (pulau utama wilayah kabupaten Natuna). Pantai ini relatif lebih teduh dengan garis pantai yang panjang dan landai. Sangat cocok bagi anda yang ingin berenang. Sayang sekali terumbu karang di wilayah ini tidak sebaik tempat lainnya. Pantai cemaga punya daya tariknya sendiri. Cekungan pantai cemaga dihiasi pulau-pulau kecil nan cantik. Tak jauh dari sisi pantai ada sebuah pulau karang yg oleh masyarakat nelayan dibangunkan pelantar kayu untuk menghubungkannya. Ya, pantai ini menjadi tempat tambatan perahu nelayan. Kejernihan air laut dan keasrian alamnya tak usah diragukan lagi, masih jauh dari tangan-tangan perusak manusia.
Yang tidak banyak diketahui orang dari pantai cemaga ini adalah betapa kayanya sumber ikan lautnya. Para pemancing mania rasanya perlu untuk berkunjung ke mari. Spot terbaiknya ada diantara pulau kemudi dan pulai rantai. Bergerak sekitar 10km ke arah batu kasah, berhamburan batu-batu granit besar di tengah laut yang penuh misteri.
Pelantar Nelayan
Tak lengkap rasanya menceritakan keindahan tanah melayu ini tanpa menceritakan hikayat-hikayat masyarakatnya. Konon katanya di pantai cemaga ini pernah di kunjungi kapal dagang yang sangat besar milik saudagar kaya. Karena tak mampu lagi menampung banyaknya harta sang pemilik kapal tersebut akhirny karam dan berserak di perairan cemaga. Singkat cerit bongkahan-bongkahan kapal yang tersisa mengendap di lautan dan ditumbuhi karang. Sisa-sisa tersebut lalu membatu dan membentuk pulau-pulau di sekitar cemaga. Konon pulau kemudi merupakan bagian kemudi dari kapal naas tersebut dan begitu juga dengan pulau rantai dan pulau-pulau lainnya.
Yang Tersisa by Safruddin Alwi



Share this:

1 komentar